Minggu, 15 Maret 2015

Dunia Adiwiyata SMK Negeri 3 Majene



PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMK NEGERI 3 MAJENE


                  Oleh : Mursalim, S. Kel


                     Kuliah Umum Pendidikan Lingkungan Hidup di SMK Negeri 3 Majene
 
Jum’at Bersih adalah salah satu program kerja SMK Negeri 3 Majene Sulawesi Barat untuk menjadikan lingkungan sekolah sebagai sarana belajar untuk mencintai dan peduli lingkungan. Pagi-pagi segenap warga sekolah mulai dari Kepala Sekolah, Bapak Drs. Haswin Tambaru, M. Pd sebagai sumber motivator beserta para guru, staf dan seluruh taruna dan taruni sudah berkumpul dan mengikuti ekstra kulikuler Pendidikan Lingkungan Hidup. Kegiatan jumat bersih ini sudah berjalan sejak tahun 2005, ketika itu sekolah pertama kali dioperasikan.
Kegiatan jum’at bersih di SMK Negeri 3 Majene, tidak hanya dilaksanakan dalam bentuk kerja bakti, tapi juga memberikan kuliah umum tentang pentingnya menyelamatkan lingkungan untuk anak dan cucu kita nanti, khususnya lingkungan pantai mengingat SMK Negeri 3 Majene berada di pesisir, tepatnya di tepian Selat Makassar. Juga karena SMK Negeri 3 Majene adalah sekolah kejuruan yang membina paket keahlian (jurusan) Kelautan dan Perikanan. Ada lima judul pembahasan yang dipelajari bersama. Pertama dimulai dengan membahas masalah Ekosisten Pantai, selanjutanya dibahas tentang Padang Lamun, Mangrove, Ekosistem Terumbu Karang serta Permasalahan Sampah. Para pemateri adalah warga sekolah yaitu bapak kepala sekolah Drs. Haswin Tambaru, M. Pd dan para guru produktif yang memang sudah sejak dibangku kuliah akrab dengan materi tersebut.
Selain kegiatan kuliah umum Pendidikan Lingkungan Hidup, warga sekolah langsung terjun ke lapangan untuk kerja bakti.  Metode yang diterapkan adalah membagi seluruh warga sekolah dalam beberapa zonasi. Mulai dari bagian belakang sekolah sampai di bibir pantai yang memang lokasi pantainya sangat dekat dengan sekolah.
Kegiatan kuliah umum tentang Pendidikan Lingkungan Hidup mungkin hanya kita temui di SMK Negeri 3 Majene, sebagai bentuk kepedulian bersama untuk menyelamatkan lingkungan hidup.  Manfaat dari kegiatan ini sangat luarbiasa, karena para taruna dan taruni secara mandiripun melakukan hal serupa dilingkungan tempat tinggal masing-masing
Meskipun demikian pembelajaran mengenai materi lingkungan hidup harus terus diupayakan. Sebab, perkembangan zaman akan memaksa degradasi lingkungan. Hal ini harus dibarengi oleh generasi yang mencintai lingkungan sejak dini.
Kepala SMK Negeri 3 Majene Bapak Drs. Haswin Tambaru, M. Pd.,  mengatakan kegiatan ini adalah upaya sekolah untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap Lingkungan Hidup kepada segenap warga sekolah, terutama kepada para taruna dan taruni sebagai generasi penerus yang akan tetap menjadikan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita, sehingga para taruna dan taruni akan memiliki life skill yang baik dibidang Pendidikan Lingkungan Hidup dimasa yang akan datang
Semoga komitmen ini bisa terus berlanjut sehingga kita semua bisa lebih mencintai lingkungan di mana kita berada. (Oleh: Mursalim, S. Kel. – Guru SMK Negeri 3 Majene)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar