Minggu, 15 Maret 2015

SMK Negeri 3 Majene, Ibarat Lampu Mercusuar di Tengan Samudra



SMK NEGERI 3 MAJENE, IBARAT LAMPU MERCUSUAR DI TENGAH SAMUDRA

Oleh. Mursalim, S. Kel
Guru SMK Negeri 3 Majene

Pelantikan Komandan Batalyon Taruna Oleh Kepala Sekolah

            Peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri merupakan hal yang sangat penting. Searah dengan kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan pendidikan dan keinginan memenuhi kepuasan masyarakat, dunia industri dan dunia kerja dapat terlaksana dengan strategi implementasi penegakan kedisiplinan para taruna (i) di sekolah, peningkatan sarana dan prasarana pendukung proses pendidikan serta penerapan pendidikan lingkungan hidup.
Searah dengan tujuan pencapaian kedisiplinan, kelengkapan sarana pendukung dan penerapan pendidikan lingkungan hidup yang lebih baik di SMK Negeri 3 Majene, maka pengembangan kurikulum pendidikan yang terintegrasi dengan pendidikan karakter bangsa, kewirausahaan, ekonomi kreatif, anti korupsi dan pendidikan lingkungan hidup menuju terwujudnya sekolah Adiwiyata telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan program pengembangan sekolah.
            Dalam kehidupan peserta didik, karakter bersumber kepada nilai-nilai dan norma yang berasal dari budaya bangsa, filosofi negara  dan agama. Oleh karena itu, Pendidikan Karakter diarahkan pada upaya mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai yang mendasari suatu kebajikan sehingga menjadi suatu kepribadian diri warga Negara yang diaplikasikan dalam sikap dan perilaku para warga sekolah.
            SMK Negeri 3 Majene yang pada tanggal 19 Februari 2015 genap berusia 10 tahun, terus berbenah mengaktualisasikan komitmen yang telah disepakati bersama antara pihak sekolah, pemerintah daerah, komite SMK Negeri 3 Majene dan para orang tua taruna (i).  Mereka telah menyepakati tata tertib sekolah untuk dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab demi terbentuknya kepribadian yang positif bagi seluruh warga sekolah, utamanya para Taruna (i) sebagai generasi yang akan mengisi dunia kerja dan industri dimasa yang akan datang diantaranya disiplin, jujur cinta tanah air, bertanggungjawab dan cinta terhadap lingkungannya. 
Inilah yang menjadi cita-cita dan harapan terbesar bagi SMK Negeri 3 Majene sebagai sebuah lembaga pendidikan yang ingin melihat Indonesia lebih berwibawah, bersahaja, cinta dan peduli terhadap lingkungan dan sejahtera dimasa yang akan datang, sehingga kita dapat menciptakan generasi bangsa yang mempunyai wawasan keagamaan, keilmuan dan kewarganegaraan yang tegas cintanya terhadap tanah air, generasi yang bangga sebagai warga Negara Indonesia, memiliki sikap bela Negara yang tidak diragukan lagi dan sangat peduli terhadap lingkungan, itulah generasi yang Indonesia butuhkan saat ini.
            
           Bakti Sosial, Membersihkan Pantai Selat Makassar di Depan SMK Negeri 3 Majene
 
           Namun demikian untuk mewujudkan itu semua tidaklah semudah membalik telapak tangan, karena itu harus dibangun di atas sebuah komitmen bersama, harus ada visi, misi dan tujuan yang sama dalam membina mental dan fisik para taruna (i) baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, sehingga peran serta orang tua taruna (i) dirumah sangat dibutuhkan.    
Pendidikan keagamaan di SMK Negeri 3 Majene, diaplikasikan dengan pelaksanaan sholat dhuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan Kultum oleh para taruna (i) secara bergantian tiap hari, kecuali hari jum’at, menanamkan sikap jujur dan pemberantasan buta baca Al-Qur’an. 
Untuk melatih kedisiplinan, loyalitas dan semangat korps tiap tahun dilakukan Latsartar (Latihan Dasar Ketarunaan).  Disinilah berawal pendidikan ketarunaan itu.  Pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi taruna dan pada saatnya nanti ketika mereka sudah terjun langsung di dunia kerja, baru akan terasa pentingnya kegiatan Latsartar ini.


Kegiatan Latihan Dasar Ketarunaan materinya mencakup masalah Lingkungan Hidup, Bela Negara, Dasar-dasar Kemiliteran, Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Peraturan Baris berbaris (PBB), Kepramukaan, PMR dan cinta lingkungan, Pola Belajar yang baik di SMK, Dunia Kerja dan Pembinaan Mental Spritual Taruna (i).  Kami menyadari sepenuhnya bahwa tantangan dan rintangan untuk
mewujudkan sebuah generasi yang tangguh tidaklah mudah dimasa seperti sekarang ini, untuk itu dibutuhkan perhatian dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua taruna (i) bahkan perhatian kita semua sebagai warga negara yang peduli dengan generasi bangsa dimasa yang akan datang.
Bapak kepala SMK Negeri 3 Majene, Drs. Haswin Tambaru, M. Pd memberikan perhatian yang sangat serius agar kegiatan proses pembelajaran dan ekstra kurikuler di sekolah dapat berjalan dengan baik, karena bila kegiatan ini dimaksimalkan, maka tujuan pendidikan nasional untuk menghasilkan generasi yang peduli lingkungan, unggul, cerdas, professional, berimtak dan menguasai Iptek dengan sendirinya akan terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar